Translate

    Pengikut

Deskripsi Chakra






Chakra dapat digambarkan sebagai sebuah energi atau kekuatan yang sangat dibutuhkan oleh seorang nija untuk melakukan sebuah tehnik nijutsu ataupun jutsu. Mungkin chakra adalah elemen paling penting dalam pertempuran ninja.

Chakra terdiri dari dua bagian utama yaitu Energi tubuh dan Energi spiritual.

Energi tubuh dapat diperoleh dari sel yang ada dalam tubuh atau dari dalam tubuh si ninja. Sedangkan Energi spiritual adalah energi yang diperoleh dari pengalaman spiritual si ninja selama pelatihan, pertempuran ataupun karena mengadakan perjanjiang darah dengan siluman (Kuchiyose no Jutsu). Atau lebih mudah digambarkan Energi spiritual adalah seperti ledakan Adrenalin yang sangat berguna ketika ninja mengalami kelelahan yang sangat dalam pertempuran.




Mengendalikan, Membangun dan Melindungi Chakra

Mengendalikan Chakra selama pertarungan adalah aspek yang sangat penting dalam pertempuran ninja. Bagian lain yang tak kalah penting adalah kemampuan membangun chakra selama pertempuran. Membangun chakra sangat penting karena bangunan chakra diperlukan dalam melakukan tehnik Jutsu dan Genjutsu yang benar. Selain itu, stamina juga berperan penting dalam mengendalikan, membangun dan melindungi chakra.




Chakra terbentuk dari stamina. Sehingga ketika seorang ninja mengeluarkan chakra otomatis dia juga mengeluarkan stamina juga. Karena itu, jika seorang ninja tidak mampu mengendalikan chakra dapat berakibat fatal bahkan kematian. Artinya, jika seorang ninja terlalu sedikit mengeluarkan chakra maka tehniknya tidak bisa keluar atau jika dia terlalu banyak mengeluarkan chakra, maka dia akan menyakiti tubuhnya sendiri bahkan bisa berakibat kematian jika dia terlalu berlebihan dalam mengeluarkan chakra.




Sistem Sirkulasi Chakra

Seorang ninja tidak hanya mempunyai sistem sirkulasi untuk peredaran darah saja. seorang ninja juga mempunyai sistem sirkulasi chakra. Sistem sirkulasi ini berfungsi untuk mengangkut atau mengalirkan chakra ke seluruh tubuh. Pada umumnya sistem sirkulasi chakra melewati organ-organ penting dalam tubuh seorang ninja. Jadi, ketika sistem sirkulasi ini diserang dan mengalami kerusakan yang parah dapat menyebabkan kematian.




Ada 361 bukaan dalam sistem sirkulasi chakra dalam tubuh ninja. Bukaan ini dinamakan Tanketsu. Ketika Tanteksu ini diblokir, maka seorang ninja tidak akan bisa berbuat apa-apa lagi. Dan yang mempunyai kemampuan untuk melihat sirkulasi chakra dan menutup semua tanketsu adalah ninja yang memiliki Byakugan atau ninja dari klan Hyuga.

Gerbang Chakra (Chakra Gates)




Gerbang chakra adalah batasan yang ada dalam tubuh seorang ninta yang membatasi penggunaan chakra melebihi kemampuannya. Tapi dengan beberapa gerakan seperti Lotus Utama seorang ninja dapat membuka 3 dari 8 gerbang chakra sehingga bisa bergerak lebih cepat dan lebih kuat dari pada umunya.

Dengan membuka gerbang chakra dapat meningkatkan aliran chakra sementara dan penggunaanya dapat merasakan tambahan energi yang luar biasa. Dapat bergerak dengan cepat dan kekuatan yang sangat dahsyat. Tapi jika dilakukan akan membahayakan tubuh si ninja sendiri dengan mangelami cedera.

Ada delapan gerbang chakra dalam tubuh ninja. Jika 8 gerbang tersebut dibuka, tubuh tidak lagi memiliki batas-batas dan dapat bergerak secepat yang ia inginkan. Tapi membuka 8 gerbang chakra dapat berakibat fatal bagi sipengguna bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jenis-jenis Chakra




Ada lima jenis chakra : Api, Air, Bumi, Angin dan Petir.
Ninja dari klan Uciha adalah ninja dengan tipe chakra api, walaupun Sasuke Uciha dapat menggunakan cakra api dan petir sekaligus. Kakashi adalah ninja dengan tipe chakra api. Naruto tipe chakra angin.

Kebanyakan jounin mampu menggunakan dua chakra sekaligus. Pada umumnya dari ninja dengan garis keturunan khusus. Seperti Haku menggunakan cahkra air dan angin untuk menciptakan Es. Yamato menggunakan bumi dan air untuk menciptakan kayu.

Untuk mengetahui jenis chakra, seorang ninja biasanya menggunakan kertas khusus. Jika kertas terbelah ketika di aliri chakra, berarti ninja tersebut tipe angin, ketika kertasnya terbakar maka tipe api, ketika basah maka tipe air dan ketika kertas tersebut hancur berkeping-keping maka tipe chakranya adalah tanah / bumi.
















Bookmark and Share

====

Follow by Email

My Frend

Blog Archive